Jangan Curhat Sembarangan di Blog

Written By Jandika on Tuesday, February 15, 2011 | 5:25:00 PM

Wah, hati-hati nih yg kebanyakan curhat di blog.. Bisa-bisa kejadian kaya orang ini:

Blog tidak hanya digunakan sebagai sarana berbagi informasi, tetapi seringkali juga digunakan sebagai sarana curhat dan berbagi opini. Natalie Munroe—seorang guru bahasa inggris di Central Bucks School District, Doylestown, Pennsylvania—menggunakan blog untuk mengungkapkan perasaan dan opininya mengenai murid-murid di kelasnya. Beberapa tulisan yang dimasukkan dalam blog tersebut seperti ditujukan kepada para orang tua murid dengan mengatakan hal-hal seperti: “Saya khawatir anak Anda akan melakukan penembakan di sekolah”, “Saya membenci anak Anda”, dan “Dia terlihat lebih pintar dari kenyataannya.”



Pada hari Rabu lalu diberitakan bahwa sekolah yang bersangkutan telah menskors Munroe, menyusul berbagai keluhan dari para orang tua murid yang sempat membaca blognya. Berbagai pendapat dilontarkan oleh para orang tua murid yang menyayangkan blog Munroe, yang mulai menjadi guru pada tahun 2006. Munroe pun tidak mengelak dan mengakui perbuatannya tersebut.

Kasus penggunaan blog yang menyinggung banyak pihak juga terjadi di Italia. Hari Minggu kemarin pihak kepolisian Italia memblokir blog Savona e Ponente. Hal ini dilakukan menyusul blog yang ditulis oleh seorang jurnalis bernama Valeria Rossi yang berjudul “I want to kill Berlusconi”. Dalam blog tersebut Rossi mengatakan bahwa ia menginginkan kematian Silvio Berlusconi, Perdana Menteri Italia dan pemilik salah satu klub sepak bola terbesar di Eropa, AC Milan. Ia tidak hanya menginginkan kematian Berlusconi, tetapi mengaku siap untuk melakukannya sendiri. Ia juga mengaku tidak merasa bersalah sedikit pun atas pemikirannya ini.

Rossi mengatakan bahwa Berlusconi patut meninggal karena ia bukan seorang manusia, bukan seorang industrialis atau politisi, dan bukan seorang kriminal atau mafia, tetapi sebuah alien yang memiliki kekuatan hipnotis. Baginya, itulah satu-satunya alasan mengapa seseorang dengan tuduhan korupsi, pelanggaran pajak, penyalahgunaan kekuasaan, dan praktek prostitusi anak bisa meyakinkan para politisi dan mayoritas rakyat Italia untuk menunjuknya sebagai perdana menteri Italia selama hampir 20 tahun.

Kedua kasus ini tentunya akan membawa para blogger yang bersangkutan ke dalam jerat hukum. Satu hal yang perlu kita sadari adalah kenyataan bahwa setiap tulisan yang kita masukkan ke dalam blog atau media lain yang terhubung dengan internet akan dapat dilihat dan dibaca oleh banyak orang, sehingga kita perlu ekstra hati-hati dalam memilih kata-kata dan kepada siapa blog tersebut ditujukan. Kalau kita ingin menghina orang lain, ada baiknya kita menoleh ke belakang, ke waktu sebelum internet atau bahkan komputer diciptakan, dan menulis pemikiran kita tersebut di diary pribadi.
Sumber: http://www.jagatreview.com/2011/02/b...at-yang-salah/

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih untuk tidak melakukan SPAM
Baca juga artikel menarik yang lainnya di :
http://veiledveiled.blogspot.com/

Tips Unik

Daftar Postingan