Atlit Hutan

Written By Jandika on Tuesday, February 15, 2011 | 7:24:00 PM

Monyet pohon dan kera besar di hutan hujan tropis hampir selalu tinggal di puncak pohon untuk berkeliling mencari makan, tidur, mencari kutu, bahkan melahirkan. Di tajuk yang lebat, monyet berayun dari cabang ke cabang dengan memakan serangga, daun hijau segar, tunas muda, dan buah-buahan. Di lantai hutan, binatang ini menjadi mangsa jaguar dan pemburu lain, sedangkan di puncak pohon mangsa terbesar hanyalah elang dan burung pemangsa lain.
Siapa sajakah mereka ?? CEKIDOT gan ..

Wau-wau
Wau-wau termasuk ke dalam golongan kera kecil. Wau-wau tidak berekor dan memiliki jari tangan dan kaki yang panjang. Adapun wau-wau yang bertubuh lebih kecil dan memiliki ekor panjang yang dapat digunakannya untuk bergelantungan di dahan.



Orang Utan
Orang utan adalah sejenis kera besar dengan lengan panjang dan berbulu kemerahan atau cokelat yang hidup di hutan tropis Indonesia dan Malaysia, khususnya di Pulau Kalimantan dan Sumatera. Istilah "orang utan" diambil dari bahasa Melayu, yang berarti manusia (orang) hutan. Orang utan mencakup dua spesies, yaitu orang utan Sumatera (Pongo abelii) dan orang utan Kalimantan (Pongo pygmaeus). Hal yang unik adalah orang utan memiliki kekerabatan dekat dengan manusia pada tingkat kingdom animalia dengan tingkat kesamaan DNA sebesar 96.4%.




Monyet Wol
Monyet wol tergolong dalam monyet dunia baru. Monyet wol memiliki wajah bulat dengan sekat hidung yang tebal, jumlah giginya 36 buah, memiliki ekor yang lebih panjang dan dapat digunakan untuk memegang dahan.




Monyet Bajing
Monyet bajing (Saimiri sciureus) terlahir buta warna, namun dapat membedakan warna merah dan hijau dari warna lainnya.




Tamarin Singa
Tamarin singa (Leontopithecus rosalia) adalah monyet kecil dari famili Cebidae. Spesies ini merupakan spesies asli Hutan Atlantik, Brasil. Tamarin singa adalah spesies terancam dan salah satu binatang terlangka di dunia, dengan perkiraan populasi 1.000 di alam bebas dan 500 di penangkaran.




Monyet Laba-laba
Monyet laba-laba dari genus Ateles termasuk ke dalam golongan monyet dunia baru di famili Atelidae subfamili Atelinae. Mereka ditemukan di hutan tropis Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko selatan ke Brazil. Genus ini berisi tujuh spesies termasuk kritis terancam punah.




Kolobus Hitam Putih
Kolobus hitam putih tergolong monyet dunia lama dari genus Colobus yang asli dari Afrika. Kata "Colobus" berasal dari bahasa Yunani ekolobóse yang berarti "potong dia pendek". Dinamakan demikian karena jempolnya pendek seperti putus.




Monyet Raung
Monyet raung adalah monyet yang paling berisik. Monyet raung jantan mengeluarkan suara yang lebih rendah dibandingkan dengan monyet raung betina yang bisa menggonggong seperti anjing.

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih untuk tidak melakukan SPAM
Baca juga artikel menarik yang lainnya di :
http://veiledveiled.blogspot.com/

Tips Unik

Daftar Postingan