100 Fakta Dibalik Keajaiban - Keajaiban Dunia [Part 2]

Written By Jandika on Wednesday, August 10, 2011 | 6:23:00 PM

 
Kemegahan di Timur

26. Sebuah tembok panjangnya 6400km
peradaban Cina hidup dengan bercocok tanam, dan bangsa Cina yang masih muda sering diserang oleh kaum pengembara dari Utara. Mulai tahun 214 SM, Cina membangun tembok batu di sepanjang perbatasan untuk mencegah gangguan dari luar. Tembok itu tingginya 9 meter, dengan menara pengawas dan jalan di sepanjang bagian atasnya untuk para penjaga.

27. Ada kota di dalam kota Beijing
Dahulu, Kaisar Cina tinggal di dalam kotanya sendiri yang memiliki ratusan bangunan dan 9000 kamar, dengan dikelilingi tembok tinggi sepanjang 16Km. Kota ini dikenal sebagai " kota terlarang "karena tak seorang pun diijinkan masuk tanpa undangan khusus dari kaisar. Kota ini sekarang menjadi museum.
KOTATERLARANG:

28. Seorang Kaisar dikubur bersama patung-patung tentara dari tanah liat.
Menurut tradisi Cina, orang yang sudah meninggal harus dikubur atau dibakar (dikremasi) bersama benda-benda yang akan bermanfaat baginya si surga nanti. Umumnya benda tersebut berupa segenggam uang. Namun, kaisar pertama Cina, Qin Shi Huangdi dikubur bersama 7000 patung tentara seukuran tubuh manusia dari tanah liat.

29. Makam-makam Jepang dibentuk menyerupai lubang kunci
Jepang menjadi negara kuat pada masa dinasti Yamato, antara tahun 250 - 500 M. Para bangsawan yang meninggal pada masa dinasti Yamato dikubur di dalam makam-makam besar yang berbentuk seperti lubang kunci jika dilihat dari atas. Diperlukan 800.000 ribu orang untuk membangun makam Kaisar Nintoku.

30. Patung Budha raksasa berada di kuil kayu terbesar di dunia.
Kuil kayu Todai-ji di Jepang memiliki panjang 57 meter, lebar 50 meter, dan tinggi 47 meter, teteapi dulu jauh lebih besar. Selama hampir 1500 tahun, kuil ini telah menjadi tempat penyimpanan sebuah patung budha raksasa yang terbuat dari 130 ton perunggu dan dilapisi dengan 130 kg emas.

31. Rakyat Korea adalah ahli perbintangan awal
Pada awal abad ke-7, oleh ratu Silla kuno di Korea diperintah oleh Ratu Sondok. Ratu Sondok memiliki gedung observatorium yang dibangun untuk mempelajari bintang-bintang. Gedung observatorium ini masih berdiri sampai sekarang, meskipun sudah tidak digunakan lagi.
Monumen-monumen besar

Monumen-monumen besar

32. Raksasa batu di pulau paskah beratnya sama dengan 1000 orang laki-laki
Patung-patung batu raksasa, yang disebut MOAI, membuat takut orang-orang Eropa yang pertama kali mendatangi pulau Paskah di Samudra Pasifik. Dari ke-600 patung tersebut, yang paling besar memiliki berat sekurang-kurangnya 75 ton, belum termasuk topinya yang seberat 11 ton, yang disebut PUKAO. Dipahat dari sebuah balok batu, patung-patung tersebut dipindahkan dengan menempuh jarak yang jauh sebelum ditempatkan untuk menandai makam. Matanya terbuat dari batu karang.

33. Penduduk Inggris kuno membangun sebuah lingkaran batu yang besar
STONEHENGE di Inggris terbuat dari batu-batu raksasa. Sebagian diambil sejauh 385 kilometer dari sebuah tambang di Wales. Batu-batu tersebut disusun sehingga sinar matahari bisa menerobos pintu masuk saat pagi pada hari terpanjang di musim panas--titik balik matahari di musim panas. Titik balik matahari adalah hari perayaan yang paling penting bagi para petani. Mereka berdoa agar tanaman pertaniannya tumbuh subur hingga masa panen.

34. Sebuah lingkaran tanah raksasa di Inggris benar-benar menjadi misteri
Penduduk Inggris kuno yang membangun STONEHENGE juga membangun bukit misterius, yaitu bukit SILBURY. Bukit ini terletak di dekat Avebury, lingkaran batu yang lainya, namun tak seorangpun tahu kegunaannya. Tinggi bukit itu 40 meter dan bagian atasnya melintang sepanjang 30 meter. Tidak ada tanda-tanda adanya makam di dalamnya.

35. Beberapa parade keagamaan panjangnya bisa mencapai 1 km atau lebih. Orang-orang suci dari Perancis Utara telah berjalan sepanjang jalan raya berbatu di Carnes, Inggris, setiap matahari terbit dan terbenam. Ukiran-ukiran keagamaan prasejarah pada sebagian batu kemudian ditambah dengan huruf Romawi dan simbol Kristiani.

36. Candi-candi di pulau Malta sudah berdiri selama 5000 tahun.
Bangunan-bangunan tertua di dunia terdapat di Malta. Petani-petani kuni menyembah dewi kesuburan dan membangun candi dari batu kapur untuk ritual keagamaan. Candi-candi tersebut menjadi tempat bagi patung-patung kecil dewi "ibu bumi".

Kota - kota yang hilang

37. Kota-kota kuno telah ditelan laut.
Permukaan air di Laut Tengah telah berubah sejak dibangunnya kota-kota di sekelilingnya. Garis pantai Libanon ditandai dengan kota-kota bawah air seperti kota Yarmuta, yang ditinggalkan ketika permukaan laut naik. Garis pantai Laut Hitam mundur dengan kecepatan lebih dari 1 km per hari ketika air laut tengah mulai mengalir, 7500 tahun lalu.

38. Dalam legenda diceritakan bahwa pulau Atlantis hilang
Bangsa Yunani Kuno menceritakan tentang sebiah Pulau di Samudra Atlantik yang pernah mengirimkan pasukannya untuk memerintah Mediterania. Namun, dalam legenda diceritakan bahwa pulau tenggelam itu di bawah gelombang setelah dilanda gempa bumi.

39. Istana Cleopatra berada di bawah perahu-perahu ikan.
Setelah diambil alih oleh bangsa Romawi sekitar tahun 100 SM, kota Alexandria di Mesir menjadi tidak terlalu penting. Penduduk Alexandria memindahkan kotanya ke pedalaman, menjauh dari laut. Kota yang ditinggalkan itu sekarang ditemukan di bawah dermaga.

40. Sebuah Kota Mesir muncul di Amerika
Sphinx Mesir yang sangat besat ditemukan tidak jauh dari El Paso, Texas pada tahun 1999. Namun ini bukanlah Sphinx yang sebenarnya. Sphinx ini hanyalah perlengkapan untuk film "The Ten commandments". Sphinx ini telah disembunyikan oleh Cecil B. de Mille pada tahun 1923 untuk menjaga kerahasiaan sebelum film diedarkan.

41. Mungkin ada kota yang berada setengah kilometer di bawah laut di dekat Kuba
Para ilmuwan telah meneliti daerah dasar laut di Cabo de San Antonio, di lepas pantai Kuba. Mereka melihat adanya bangunan dengan beraturan 600 meter di bawah permukaan air, tetapi mereka ridak bisa memastikan apakah bentuk jalan dan rumah di sana dibuat oleh manusia atau terbentuk karena sesuatu yang alami seperti batu karang.

42. Piramida di bawah laut Jepang mungkin adalah suatu keajaiban alam
Di lepas pantai pulau paling selatan Jepang, dekat Taiwan, para penyelam telah menemukan sebuah gundukan batu dengan sesuatu yang mungkin berupa anak tangga, pahatan, dan sebuah jalan. Gundukan ini terlihat seperti kuil suku Inca. Namun para ahli geologi mengatakan bahwa semua penampakan aneh tersebut mungkin bisa dijelaskan sebagai dampak dari gelombang yang menghantam batu.

Keajaiban Di Air

43. Lubang - lubang di bawah laut memberi makan mahluk-mahluk menyeramkan
Hampir semua kehidupan di Bumi tergantung pada matahari untuk menghasilkan energi. Namun, lubang-lubang di bawah laut memberi makan beberapa mahluk hidup yang sangat aneh. Lubang-lubang itu mengeluarkan gumpalan air panas keruh yang mengandung material. Lubang itu juga memberi makan tanaman dan hewan yang sangat kecil, yang akan dimakan oleh cacing pita dan remis besar, sejenis kerang-kerangan.

44. Tempat terdalam di laut adalah palung Mariana.
Palung ini menandai daerah lempeng Pasifik yang sangat bsar masuk di bawah lempeng Asia Timur. Palung ini panjangnya 2500 kilometer dab beberapa bagiannya berada 11 KM di bawah permukaan laut.

45. Ada barisan pegunungan di bawah Samudra Atlantik
Barisan pegunungan ini panjangnya 16.000 kilometer dan berada di tengah-tengah antara Amerika di satu sisi, serta Eropa dan Afrika di sisi lain. Dasar laut terbentuk dari batuan Vulkanis yang mendorong dua sisi Samudra Atlantik sehingga terpisah jauh, dengan laju 10 sentimeter per tahun. Saat tertekan, dasar laut akan terlipat ke atas pegunungan.

46. Amerika Utara pernah dihantam oleh gelombang setinggi setengah kilometer.
Di teluk Lituya, Alaska, pohon-pohon dihantam dari pinggir teluk oleh gelombang yang tingginya memecahkan rekor pada tahun 1958. Para ilmuwan menduga gelombang ini disebabkan oleh sepotong gunung yang menghantam ujung teluk. Tinggi gelombang ini mencaoai 520 meter di atas permukaan laut.

Binatang-binatang mengagumkan

47. Kupu-kupu raja terbang sejauh 3000 kilometer
Kupu-kupu raja di Amerika Utara bergerombol sepanjang liburan musim dingin. Mereka terbang dari daerah utara yang ke hutan di bagian selatan California dan Meksiko. Pada musim semi mereka kembali. Di perjalanan, sebagian bertelur dan mati. Kupu-kupu muda melanjutkan perjalannya ke utara saat musim panas.

48. Di pulau Christmas, Samudra Hindia, tanah berubah menjadi merah dua kali dalam setahun
Kepiting hutan merah bermigrasi dalam kelompok yang sangat besar menuju pantai tempat mereka meletakan semua telurnya sekaligus. Kemudian kepiting muda yang masih kecil kembali setelah beberapa bulan sebagai larva.

49. Karang - karang kecil membangun sebuah rumah yang bisa dilihat dari angkasa.
GREAT BARRIER REEF (karang penghalang besar) membentang di sepanjang pesisir timur laut Australia sepanjang 2000 kilometer. Karang ini dibangun dan dipengaruhi oleh miliaran polip-polip karang yang sangat kecil, yang penampangnya kurang dari satu sentimeter. Dibutuhkan lebih dari 20 juta tahun bagi binatang-binatang kecil itu untuk membangun sebuah keajaiban dunia yang bisa dilihat dari angkasa.

50. Kota rayap memiliki pendingin udara
Sarang ryap sering tak terlihat, tetapi sebagian sarang rayap muncul di tanah membentuk gundukan aneh. Di Australia utara terdapat sebuah sarang rayap yang memanjang dari utara ke selatan. Para ilmuwan berpendapat bahwa rayap menggunakan energi matahari untuk mensirkulasi udara sejuk di dalam sarangnya.

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih untuk tidak melakukan SPAM
Baca juga artikel menarik yang lainnya di :
http://veiledveiled.blogspot.com/

Tips Unik

Daftar Postingan