100 Fakta Dibalik Keajaiban - Keajaiban Dunia [Part 3]

Written By Jandika on Wednesday, August 10, 2011 | 6:23:00 PM

Bumi yang bergerak

51. Batu-batu di dasar Grand Canyon sudah berumur dua miliar tahun
Sungai Colorado di Amerika Serikat telah mengikis berton-ton batuan sehingga membentuk ngarai yang luasnya mencapai 446 kilometer. Di beberapa tempat, ngarai ini dalamnya 1,6 kilometer dan lebarnya 29 kilometer.

52. Sebuah meteorit meninggalkan sebuah lubang di Arizona
BARRINGER CRATER (lubang besar Barringer) di Amerika Serikat lebarnya satu kilometer dengan kedalaman 180 meter. Serpihan logam dan kaca bisa ditemukan dalam jarak sampai 100 kilometer di sekeliling lubang. Serpihan tersebut adalah sisa dari meteorit logam yang meledak ketika bertabrakan dengan bumi.

53. Angin bisa menciptakan bukit pasir
Bukit Pasir Pilat di pesisir Atlantik Perancis telah dibentuk oleh angin dan gelombang yang menimbun pasir dari teluk lebih dari 200 tahun terakhir. Bukit pasir ini memiliki tinggi 105 meter, lebar 500 meter, dan panjang hampir 3 kilometer. Bukit pasir ini perlahan-lahan masuk ke pedalaman. Hutan cemara telah ditanam untuk memperlambatnya.

54. Yosemit dipahat oleh berton-ton es.
Taman Nasional Yosemit di Sierra Nevada, Amerika Serikat, mempunyai beberapa batuan yang paling menakjubkan di dunia. El capitan adalah tebing batu granit halus yang menjulang hampir satu kilometer dari lembah di bawahnya. Tebing ini dipahat dari penampakan permukaan tanah oleh gletser besar yang meluncur bagai selembar kertas raksasa.

55. Afrika terbagi menjadi dua sepanjang lembah celah
Celah raksasa yang panjangnya 4000 kilometer, lebar 100 kilometer, dan dalamnya mencapai 2 kilometer ini terbentuk karena Afrika dan Asia pelan-pelan terpisah. Celah ini memungkinkan batuan panas dari bawah mencuat membentuk gunung-gunung seperti gunung Kilimanjaro.

Batu yang luar biasa

56. Batu Uluru berubah warna sepanjang hari
Bongkahan batu aneh yang terhampar di tempat terpencil yang berpenduduk jarang di Australia adalah situs keramat suku Aborigin. Dahulu batu ini dikenal sebagai Batu Ayers. Batu kemerah-merahan ini berubah ke warna-warna yang menakjubkan ketika matahari terbit dan terbenam. Lekuk-lekuk dan lubang-lubang yang terbentuk karena hujan dan badai menciptakan serangkaian bayangan aneh yang bergerak di sepanjang permukaan batuan.

57. Batuan bisa berubah menjadi jembatan
Suku Indian Amerika percaya bahwa pelangi telah berubah menjadi batu ketika mereka mengunjungi RAIBOW BRIDGE (jembatan pelangi) setinggi 93 meter dan sepanjang 85 meter di Utah, Amerika Serikat. Jembatan batu pasir tersebut bisa terlihat bewarna merah muda, merah, atau lembayung ketika terkena sinar matahari.

58. Ruangan yang sangat besar bisa dipahat dari batuan
Gua-gua di Serawak, Malaysia, sangatlah besar, Gua kijang memiliki lebar hampir 100 meter, tinggi 100 meter, dan panjang lebih dari 2 kilometer! Ruangan yang cukup untuk 20 lapangan sepakbola.


59. Beberapa batuan dulunya adalah pohon
Di dekat Winslow, Arizona, ada gurun yang tertutup batuan dari gelondong kayu-kayu tempat tersebut. Gelondong-gelondong kayu tersebut mengkristal karena tergeletak di dalam lumpur dan terkubur selama jutaan tahun. Kriistal-kristal kayu tersebut mempertahankan detil-detilnya seperti cincin pertumbuhan batang pohon.


60. Gunung berapi bisa menciptakan jalan yang rapo
GIANT'S CAUSEWAY di Irlandia terbentuk karena aliran lava dari gunung berapi. Lava tersebut mendingin pelan-pelan kemudian retak dari permukaannya ke bawah seperti lumpur yang mengering, membentuk "gelondong-gelondong" batu bersergi enam. Dalam tradisi orang Irlandia diceritakan bahwa gelondong-gelondong batu bersegi enam itu dibuat oleh seorang raksasa yang ingin membuat jala ke Skotlandia.

61. Bumi bisa memutahkan air panas
Saat panas dari dalam Bumi bertemu dengan air, kamu bisa menemukan sumber air panas dan geiser. Whakarewarewa di Selandia Baru adalah sumber air panas yang paling menakjubkan. Lumpur yang menggelembung dan sumber air panas berada di belakang Pohutu, yaitu geiser yang memancarkan air dan uap air setinggi 30 meter ke udara.


62. Para peziarah mengunjungi gunung berapi Fuji
Gunung Fuji adlah gunung berapi terbesar di Jepang, merupakan hasil dari ribuan muntahan abu dan lava. Kuil-kuil yang mengelilingi bibir kawah gunung berapi menjadi rumah bagi pendeta muda yang sedang mempelajari agama Shinto.

63. Gunung-gunung berapi yang mati bisa meninggalkan rumah.
Urgup Cones di Turki seluruhnya merupakan tinggalan gunung-gunung berapi kecil. Lapisan terluar dari gunung berapi telah terkikis sehingga memunculkan kerucut-kerucut lava padat yang dulu memenuhi ruang-ruang dalam gunung berapi. Kemudian kerucut-kerucut tersebut telah dipahat untuk dijadikan rumah.


64. Kamu bisa menikmati konser di dalam gelembung lava.
Saat lava mengalir dari gunung berapi, bagian luarnya menjadi dingin dan menjadi batuan keras, tetapi di dalamnya tetap cair. Kadang-kadang terdapat terowongan atau gua di dalam batu tersebut. Di Cueva de los Verdes, kepulauan Canary, gua-gua seperti itu telah diubah menjadi sebuah gedung konser.

Danau-danau fantastis

65. Danau bisa ditemukan ditempat yang paling aneh
Danau kawah di Oregon yang bewarna biru kristal sangatlah indah, tetapi terletak di puncak gunung. Ketika gunung berapi tua, Mount Mazama, terakhir meletus, gunung ini meninggalkan kawah berbentuk seperti mangkuk yang lebarnya 10 kilometer dengan kedalaman hampir 600 meter. Air dari es dan salju yang mencair hampir memenuhi mangkuk ini.

66. Kamu bisa mengunjungi sebuah pulau di atas danau yang berada di pulau di atas danau.
Danau Huron di Amerika Utara memiliki pulau yang besar, yaitu pulau Manitoulin, pulau di atas danau yang terbesar didunia. Di pulau Manitoulin sendiri juga terapat Danau Manitou yang juga berukuran besar dan memiliki beberapa pulau yang lebih kecil diatasnya.

67. Beberapa danau kadar garamnya lebih tinggi dibanding kadar garam air laut
Laut mati adalah sebuah danau di Timur Tengah yang berada 400 meter di bawah permukaan laut. Air danau ini menguap dengan cepat dari permukaan karena iklimnya yang panas dan meninggalkan mineral-mineral misalnya garam. Kadar garam Laut Mati lebih tinggi 10X lipat dibanding kadar garam air laut.


68. Ada sebuah danau yang sama tuanya dengan dinosaurus
Danau Vostok di dekat Kutub Selatan telah terasing dari dunia selama jutaan tahun di bawah lapisan es Antartika. Para ilmuwan sedang bekerja keras agar bisa mengebor sedalam 4 kilometer ke bawah menuju danau yang berada di bawah es, tanpa mengganggu kehidupan yang mungkin bertahan di sana.

69. Danau bisa benar-benar tersembunyi
Ada sebuah danau di bagian timur laut Nambia, Afrika, yang terletak jauh di bawah tanah di dalam gua, Dragon's Breath Cave(gua napas naga). Gua ini mendukung kehidupan, Tanpa cahaya matahari, semua makhluk hidup di dalam gua tersebut mengandalkan kotoran kelelawar yang jatuh sebagai sumber energi. Karena tidak ada sumber cahaya maka penglihatan binatang dan ikan yang tinggal disana sangat lemah namun indera yang lain seperti indera peraba dan penciuman menjadi lebih berkembang.

Air terjun yang sangat menakjubkan

70. Air terjun Niagara adalah air terjun yang bergerak ke hulu
Air yang mengalir mengikis batuan yang berada di bawahnya, menyebabkan bibir air terjun runtuh. Kemudian air terjun mejadi mundur beberapa meter. Air Terjun Niagara bergerak mundur sekitar 1 meter per tahun dalma 300 tauhn terakhir. Namun air terjun ini kini sistabilkan karena sungai Niagara pada malam hari dialihkan untuk pembangkit tenaga hidrolistrik. Di sini, air sungai ini digunakan untuk menyediakan air.

71. Sebuah air terjun tingginya hampir satu kilometer
Ada sebuah gunung dengan jurang-jurang yang curam dan tersembunyi di hutan hujan tropis di Venezuela. Air terjun Angel mengalir di sisi salah satu jurang ini, dan menjatuhkan air setinggi 979 meter menuju ke sungai di bawahnya. Ini adalah air terjun tertinggi didunia.

72. Air terjun Iguacu menciptakan pelangi-pelangi yang indah
Sekitar 12.750 meter kubik air mengalir melewati bibir air Terjun Iguacu di Argentina tiap detiknya. Air terjun ini terbagi menjadi beberapa aliran yang terpisah oleh tonjolan-tonjolan batu di sepanjang bibirnya yang panjangnya 4 kilometer. Maka terciptalah begitu banyak semburan air sehingga sering muncul beberapa pelangi dalam sekali waktu. 


Karya - karya Spektakuler di air

73. Bendungan Akosombo membentuk sebuah danau yang lebih besar daripada sebuah negara.
Luas danau Volta 8000 kilometer persegi, kira-kira 3X lebih luas daripada negara Luxembourg. Danau ini dibentuk dengan membendung sungai Volta pada tahun 1965 guna menyediakan air untuk pertanian. Danau buatan ini bukan hanya menjadi sebuah waduk. Danau ini juga menjadi pemenuh kebutuhan listrik negara Ghana, sumber ikan di pedalaman, dan sistim navigasi - menyediakan jalur perhubungan kapal antara bagian utara negara dan pantai.

74. Sebuah terusan menghubungkan dua Samudra
Terusan Panama di Amerika Tengah menghubungkan Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. Terusan ini dibangun agar kapal tidak perlu berjalan jauh mengitari Amerika Serikat. Panjang Terusan Panama 65 kilometer, sehingga kapal dapat menghemat waktu tempuh dari satu sisi di Amerika Serikat ke sisi lainya sepanjang 12.000 kilometer perjalanan mengelilingi Amerika selatan.


75. Kamu bisa naik kapal melintasi gurun.
Pada tahun 1869 sebuah perusahaan Prancis menyelesaikan program tekniknya selama 11 tahun untuk menciptakan Terusan Suez sepanjang 100 kilometer. Terusan ini melewati Mesir, menghubungkan Laut Tengah dengan Laut merah. Terusan Suez menghemat perjalanan sepanjang 7700 kilometer mengitari laut yang berbahaya.

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih untuk tidak melakukan SPAM
Baca juga artikel menarik yang lainnya di :
http://veiledveiled.blogspot.com/

Tips Unik

Daftar Postingan