100 Fakta Dibalik Keajaiban - Keajaiban Dunia [Part 4]

Written By Jandika on Wednesday, August 10, 2011 | 6:24:00 PM

76. Bangsa Belanda bisa dengan mudah menutup pintu untuk menghentikan datangnya pasang laut
Rotterdam adalah pelabuhan tersibuk di dunia. Pelabuhan ini dibangun di atas tanah reklamasi( hasil pengeringan )dari mulut Sungai Rhine, dan dulu sering dihantam gelombang badai di Laut utara. Sekarang ada dua pintu yang sangat besar yang bisa membendung gelombang yang sangat tinggi. Tinggi tiap pintu kira-kira 300 meter - lebih tinggi dari menara Eiffel.

77. Beberapa perahu menggunakan lift!
Ketika sebuah terusan mendaki bukit, diperlukan pintu air untuk menaikkan atau menurunkan perahu satu "undakan" setiap kali. Cara ini memperlambat perjalanan. Sebagai ganti dari serangkaian pintu air, beberapa terusan mempunyai "lift" perahu, yang mengangkat atau menurunkan sebagian terusan lengkap dengan air dan perahunya, dari dasar ke puncak, atau sebaliknya.

Membentuk bumi kita

78. Jika Laut aral menyusut
Danau besar di Asia tengah bernama Laut Aral dahulu 15 meter lebih dalam dan luasnya 2X lebih besar daripada sekarang. Danau ini menyusut karena sungai-sungai yang mengalir ke danau ini digunakan untuk mengairi lahan. Laut Aral mulai menyusut dan kadar garamnya menjadi 3X lebih tinggi daripada sebelumnya, dan menyebabkan seluruh ikan mati. Pulau-pulau yang melintasi bagian tengah Laut Aral sekarang menyatu dan memisahkan air menjadi 2 danau yang terpisah.

79. Lava bisa digunakan untuk memperbesar sebuah pulau
Islandia berada di barisan pegunungan berapi di tengah Samudra Atlantik, yang menjadi tempat terjadinya banyak aktifitas gunung berapi. Pada tahun 1973, penduduk desa di pulau Vestmannaeyjar, Islandia, menghindari aliran lava dengan memompakan air laut ke aliran lava tersebut, membelokkannya ke laut. Kemudia lava itu membentuk sebuah dinding baru yang dijadikan sebagai perlabuhan penangkaran ikan, dan menambah luas pulau mereka 2kilometer persegi.

80. Beberapa negara menjadi semakin besar
Belanda adalah salah satu negara dengan permukaan tanah rendah di Eropa. Disebut "rendah" karena banyak daerah pantainya yang sebenarnya berada di bawah permukaan laut. Seperempat bagian dari Belanda telah direklamasi dari muara dan laut dengan membangun sistem dinding tanah dan memompa air keluar.

81. Membutuhkan waktu 14 tahun untuk memahat sebuah gunung
Gunung Rushmore di Dakota Selatan, Amerika Serikat, dipahat oleh 400 orang selama lebih dari 14 tahun. Mereka memahat 4 wajah pemimpin Amerika dengan ukuran yang sangat besar. Sisi gunung yang menerima paling banyak sinar matahari memperlihatkan ke-4 wajah pemimpin tersebut, masing-masing memiliki mata berukuran 4 meter.

82. Jembatan Akashi Kaikyo mencapai 2 kilometer dalam 1 langkah
Negara Jepang terdiri atas 4 pulau besar dan ratusan [ulau yang lebih kecil. Dahulu orang-orang biasa naik Feri(kapal pernyebrangan)untuk melakukan perjalanan dari salah satu pulau besar, Shikoku, ke pulau utama, Honshu. Jembatan Akashi Kaikyo membentang sepanjang 2 kilometer di atas laut yang memisahkan kedua pulau tersebut, membuat orang bisa berpergian dengan mudah dan cepat. Ini adalah jembatan dengan rentang terpanjang di dunia.

83. Jemaah yang terpanjang adalah jemaah haji
Selama 6 hari dalam bulan terakhir pada kalender Islam, kota Mekah menjadi tuan rumah bagi 2 juta jemaah. Orang Muslim dari semua negara dan latar belakang datang dan berkumpul untuk berjalan mengelilingi Ka'bah di Masjid Raya Mekah, tempat tersuci di bumi bagi umat Muslim. Mereka juga melakukan upacara keagamaan.

84. Kereta api bisa berjalan 150 kilometer/jam di bawah laut
Eurotunnel adalah terowongan yang menghubungkan daratan Inggris dengan Prancis Utara. Ketiga terowongan Eurotunnel - yang terdiri atas 2 terowongan untuk rel kereta api, dan 1 terowongan untuk perawatan - membentang sepanjang 14,7 kilometer di bawah laut dan yang lain panjangnya 30 kilometer di bawah tanah padat. Kereta api yang melintasi terowongan tersebut membawa penumpang pejalan kaki dan juga para pengendara mobil yang tetap berada dalam mobilnya.

85. Sydney Harbour Bridge di Australia adalah jembatan terlebar di dunia
Jembatan ini, yang selesai dibangun pada tahun 1932, mempunyai lebar hampir 50 meter. Jembatan ini memuat jalur-jalur kereta api, jalur lalu lintas, sebuah jalur sepeda, dan jalan kecil bagi pejalan kaki.

Taman bermain Wah

86. Stadion olah raga Skydome di Toronto, Kanada, adalah salah satu ruangan tertutup terbesar di dunia.
Untuk sekedar memperlihatkan seberapa besar stadion ini, 46 balon udara panas berukuran besar dipompa di dalamnya pada tahun 1992. Tekor membuka atap gedung untuk menampkkan langit terbuka adalah sekitar 20 menit.

87. Sydney Opera House(gedung opera Sydney) dibangun dua kali
Bentuk atap gedung Opera Sydney yang aneh mulai dikerjakan jauh sebelum bahan-bahan untuk atap itu diciptakan. Ketika pembangunnya menyadari bahwa atapnya akan jauh lebih berat dari yang diperkirakan, mereka meledakan pondasi dan mulai membangun lagi!.


88. Di Jepang, kamu bisa berselancar di pantai yang beratap
Seagaia Ocean Dome (Kubah Laut Seagaia) adalah pantai dalam ruangan buatan dengan atap yang bisa dibuka. Pengunjung bisa berselancar di atas ombak buatan sepanjang tahun. Pantai buatan dengan panjang 300 meter ini berjarak 100 meter dari pantai sebenarnya.

89. Di Prancis ada kota bioskop
bangunan-bangunan menakjubkan menjadi bagian Futuroscope(bioskop masa depan), taman hiburan yang sangat besar, di dekat Poitiers, Prancis. Beberapa bioskop di Futuroscope memiliki layar yang mengelilingi penonton dan salah satunya menampilkan film 3D. Film 3D ini ditampilkan pada layar setinggi 15 meter dan lebarnya 20 meter.

90. Dibutuhkan 1 Laskar untuk menjalankan Disney World
Taman hiburan di Florida, Amerika Serikat ini, mencakup luas 120 kilometer persegi. Diperlukan 45.000 pemandu, pelayan toko, penjaga kebersihan, koki, ahli medis, dan staff lain untuk menjalankan taman. Pengunjung membeli 9Miliar hamburger dan 7Miliar hotdog per tahun.

91. Menara tertinggi ternyata kembar
Menara Petronas di Kuala Lumpur adalah salah satu di antara gedung-gedung tertinggi di dunia, dengan ketinggian mencapai 452 meter. Menara ini dibangun untuk perusahaan minyak nasional Malaysia. Ada 88 lantai perkantoran dan tiap menara disangga oleh 16 tiang beton.

92. Beberapa orang selalu membangun rumah di langit
Orang-orang Korowai di Indonesia membangun rumah di pohon. Rumah tersebut, disebut dobbos, melindungi mereka dan dari masalah jika tetangga mereka tidak ramah. Tangga tali dinaikkan ke atas pohon untuk menjauhkan diri dari musuh.

93. Kamu bisa mengelilingi langit dengan rollercoaster
Ditengah gurun di barat daya Amerika Serikat, kota Las Vegas menjadi kota hiburan utama di Amerika. Hotel-hotel dan gedung-gedung hiburan yang sangat besar bisa dilihat dari Menara Stratosphere. Ada rollercoasteryang mengelilingi puncak menara,300 meter di atas tanah.

94. Beberapa pencakar langit bergoyang ditiup angin
Pencakar langit yang sangat tinggi terdorong oleh angin, menyebabkan lantai teratas bergoyang. Ini bisa membuat orang merasa mual. Beberapa bangunan pencakar langit seperti Citicorp Center di New York, Amerika Serikat, mempunyai pemberat dipuncaknya yang bisa digerakkan dari satu sisi ke sisi lain agar bangunan tersebut bisa menahan angin, sehingga mencegah dampak angin.

95. Pencakar langit yang pertama dibangun 120 tahun yang lalu
Chicago, sebuah kota di bagian barat tengah Amerika Serikat, dulu dibangun dari kayu, tapi sebagian besar terbakar pada tahun 1871. Kota tua ini digantikan oleh gedung-gedung yang lebih modern, termasuk berlantai 10, Home Insurance, yang pertama kali dibangun dengan kerangka logam.

96. Roket dibuat di dalam ruangan tertinggi di dunia.
Beberapa roket luar angkasa penjangnya lebih dari 100 meter. Saat roket itu dibuat berdiri tegak, dibutuhkan sebuah bangunan yang sangat besar. NASA's Vehicle Assembly Building(VAB) atau Bangunan Perakitan Kendaraan Milik Nasa di Florida, Amerika Serikat, mempunyai tinggi 160 meter dengan pintu setinggi 139 meter. Pintu tersebut lebih besar daripada lapangan bola.

97. Ada 4 bagian utama pesawat luar angkasa
Setiap bagian utama pesawat luar angkasa dirancang untuk membantu bagian tertentu dari perjalanan. Pesawat ini mempunyai mesin sendiri, juga pengikat tangki bahan bakar dan dua peluncur roket yang membantu mendorong roket menuju luar angkasa.


98. Teleskop Hubble menggunakan kaca
Dengan pesawat ulang alik, sekarang kita bisa memperbaiki satelit yang rusak di luar angkasa, atau mengambil satelit itu dan membawanya kembali ke Bumi untuk diperbaiki. Teleskop Hubble perlu dilengkapi dengan kaca elektronik sebelum bisa mengirim gambar-gambar luar angkasa yang mengagumkan.


99. Kamu bisa tinggal di luar angkasa selama setahun
International Space Station (Stasiun Luar Angkasa Internasional) bisa digunakan oleh ilmuwan untuk tinggal di luar angkasa selama berminggu-minggu di dalam laboratorium tanpa bobot. Seorang astronot tinggal di stasiun luar angkasa tua Mir selama lebih dari setahun.

100. Manusia adalah makhluk mengagumkan!!
Keajaiban dunia terbesar adalah diri anda sendiri (manusia). Anda bisa berpikir dan melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh binatang dan juga komputer. Kita mungkin tidak pernah menemukan sesuatu yang sama mengagumkannya dengan diri kita di seluruh jagad raya ini.

buku 100 keajaiban dunia dan lain-lainnya
www.kaskus.us

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih untuk tidak melakukan SPAM
Baca juga artikel menarik yang lainnya di :
http://veiledveiled.blogspot.com/

Tips Unik

Daftar Postingan