Ini Dia Orang Pertama yang Sembuh dari HIV

Written By Jandika on Tuesday, June 7, 2011 | 12:56:00 PM


Scroll down for video
'Cured': Timothy Ray Brown became HIV positive in 1995, but says he is functionally HIV negative since a bone marrow stem cell transplant in 2007
'Cured': Timothy Ray Brown became HIV positive in 1995, but says he is functionally HIV negative since a bone marrow stem cell transplant in 2007
Resistant: Mr Brown received stem cells from a donor who was resistant to HIV
Resistant: Mr Brown received stem cells from a donor who was resistant to HIV



HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah penyakit
 ganas yang belum ada obatnya. Tapi Timothy Ray Brown yang didiagnosis HIV tahun 1995 menjadi orang pertama yang virusnya bisa dihilangkan dari tubuhnya.

Timothy Ray Brown (45 tahun) yang kini tinggal di Bay Area, San Fransisco AS ini masuk ke dalam jurnal ilmiah sebagai orang pertama dalam sejarah dunia yang virus HIV-nya bisa dihilangkan dari tubuhnya. Dokter menyebut kondisi ini sebagai 'fuctional cure'.

Ketika tinggal di Berlin Jerman, Brown diketahui mengidap leukemia dan juga HIV. Saat itu dokter memberikanya transplantasi sumsum tulang belakang. Dan ternyata hasil dari transplantasi sel induk yang dilakukan pada tahun 2007 ini luar biasa.

"Saya berhenti mengonsumsi obat HIV pada saat saya mendapatkan transplantasi dan tidak pernah mengonsumsinya lagi, danpenyakit itu hilang secara efektif," ujar Brown, seperti dikutip dari CBSNews, Senin (6/6/2011).

Brown mengungkapkan satu-satunya masalah medis yang dihadapi pada hari itu adalah gangguan pada kemampuan berbicara dan motorik akibat adanya kerusakan saraf setelah perawatan, tapi kondisi ini semakin lama semakin membaik.


Published: Mr Brown's case was published in the peer-reviewed journal 'Blood' in December
Published: Mr Brown's case was published in the peer-reviewed journal 'Blood' in December
The researchers wrote that tests 'strongly suggest that cure of HIV infection has been achieved'
The researchers wrote that tests 'strongly suggest that cure of HIV infection has been achieved'. Still, a number of hurdles remain before a wider cure could extend to others


Selama ini Brown dikenal sebagai 'The Berlin Patient' yang menerima sel induk dari donor yang kebal terhadap HIV. Faktanya memang ada sekitar 1 persen ras Kaukasia yang kebal terhadap HIV. Orang-orang tersebut bisa mengembangkan kekebalan terhadap virus HIV dan nantinya kekebalan itu diturunkan ke generasi berikutnya.

Dan saat ini Brown sangat senang karena menjadi orang pertama yang disembuhkan dari HIV. Meski masih terus dipantau oleh tim dokter dari San Francisco General Hospital.

"Jika Anda mengambil sel darah putih dari seseorang dan bisa memanipulasinya sehingga tidak lagi terinfeksi oleh HIV, dan sel darah putih ini menjadi sistem kekebalan secara menyeluruh pada individu tersebut. Kondisi ini disebut dengan penyembuhan fungsional (functional cure)," ujar Dr Jay Levy yang merupakan salah satu penemu virus HIV.

Prosedur pengobatan yang dilakukan Brown terbilang radikal dan mungkin tidak bisa berlaku bagi banyak orang dengan HIV. Hal ini karena adanya kesulitan dalam melakukan transplantasi stem sel dan menemukan donor yang tepat.

Monitoring: Doctors in California are keeping an eye on Mr Brown's progress, and are impressed by his clean health
Monitoring: Doctors in California are keeping an eye on Mr Brown's progress, and are impressed by his health
Dr. Paul Volberding, who has studied HIV since its discovery, said: 'the Berlin Patient is a fascinating story, it¿s not one that can be generalized'
Cautiously optimistic: Dr. Paul Volberding, who has studied HIV since its discovery, said: 'the Berlin Patient is a fascinating story, it's not one that can be generalized'


Namun hal ini bisa menjadi pintu gerbang dalam bidang 'cure research' yang kini tengah mendapat perhatian lebih. Kata-kata dari Brown seperti, 'Saya disembuhkan dari HIV. Dulu saya memiliki HIV, tapi sekarang tidak lagi' menjadi kata-kata yang cukup melekat dihati komunitas ilmiah.


(ver/ir



sumber :http://health.detik.com/read/2011/06/06/153823/1654176/763/ini-dia-orang-pertama-yang-sembuh-dari-hiv?l991101755
 

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih untuk tidak melakukan SPAM
Baca juga artikel menarik yang lainnya di :
http://veiledveiled.blogspot.com/

Tips Unik

Daftar Postingan